Selasa, 30 Oktober 2012

Peresmian Gerakan Indonesia Berkibar


Apa yang terbenak di pikiran Anda saat mendengar kata “Gerakan Indonesia Berkibar”? apakah Bendera Indonesia yang selalu dikibarkan setiap hari dan dimana-mana? Hehehe sejenak bisa aja begitu kita mengartikannya, tapi lebih jauh lagi kita bisa memahami bahwa arti Gerakan Indonesia Berkibar adalah Sebuah Gerakan yang digagas oleh seorang Shafiq Pontoh, bahwa Gerakan Indonesia Berkibar merupakan sebuah gerakan pendidikan nasional yang mengajak seluruh lapisan masyarakat, korporasi baik swasta maupun BUMN, media dan komunitas untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam memperbaiki pendidikan dan pemerataan kualitas pendidikan di seluruh negeri.

Gerakan ini mengusung Kerjasama Pemerintah – Swasta (Public-Private Partnership), yaitu bentuk kerjasaama yang diyakini dapat membantu dan turut peduli akan perbaikan pendidikan Indonesia, guna mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi.

Melalui Gerakan Indonesia Berkibar, diharapkan juga lebih banyak pihak yang dapat bergabung dan memberikan kontribusi yang nyata dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Semakin banyak pihak-pihak yang terlibat untuk berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia akan membuka jalan menuju Indonesia yang lebih baik di masa depan dalam menghadapi tantangan global.


Pada Tanggal 28 Oktober 2012, bertepatan dengan diperingatinya Hari Sumpah Pemuda, Gerakan Indonesia Berkibar ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yaitu Prof. Dr. Muhammad Nuh.

Acara ini berlangsung di Gedung Arsip Nasional Jalan Gajah Mada Jakarta.



 Mengikuti acara peresmian Gerakan Indonesia Berkibar di Gedung Arsip Nasional yang dikemas rapi dan bertema nasionalisme terlihat sekali pada saat pertama kali para undangan di sambut oleh para penerima tamu muda-mudi yang berseragam ala pemoeda tempoe doeloe. 

 Selain kostum para penerima tamu yang mereka kenakan bernuansa peristiwa Sumpah Pemuda, sewaktu kita memasuki area ruangan peresmian, kita disambut dengan lagu-lagu kebangsaan yang dinyanyikan oleh para generasi muda Bina vokalia dengan diiringi alunan musik orkestra mini.



Tenda untuk acara dan bunga-bunganya dipilih yang bernuansa merah dan putih. Komplit juga dengan para undangan yang hadir semua mengenakan baju batik, baju kebanggaan bangsa Indonesia. Apalagi lokasi acara bertempat di Gedung Arsip Nasional, salah satu gedung tua bersejarah yang masih terawat di kawasan kota tua di Jakarta, Gedungnya unik   arsitekturalnya bagus sekali sehingga klop deh dengan acara dan tema yang diusung pada hari Peresmian Gerakan Indonesia Berkibar tersebut.

Di dalam acara ini, Bapak Menteri Pendidikan, Muhamad Nuh memberikan sambutan yang singkat tapi sangat penuh makna, antara lain beliau menyebutkan bahwa :

- Pendidikan adalah masalah kompleks di negeri Indonesia, Membutuhkan waktu lama dan diperlukan sinergi dari semua pihak baik pemerintah, swasta, rakyat, media dan komunitas.
- Manusia Cerdas mempunyai 4 ciri sebagai berikut :
1,. Mempunyai mind set  bagaimana menyelesaikan permasalahan, tidak lari dari permasalahan yang ada.
2. Menyelesaikan persoalan dengan biaya seminimal mungkin
3.  Tidak menabrak rambu-rambu / tata aturan yang ada
4. Kebisaannya itu tepat waktu.


                Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhammad Nuh memberikan sambutan

Setelah Bapak Muhammad Nuh memberikan sambutannya, acara berikutnya adalah Pembacaan Deklarasi gerakan Indonesia Berkibar yang dibawakan oleh Alissa Wahid (Tokoh Pemuda, Puteri Mantan Presiden Abdurahmad Wahid), Alexandra Asmasoebrata (Pembalap Wanita Nasional) dan Iman Usman (Pendiri Group Indonesian Future Leaders).

Adapun isi Deklarasi Gerakan Indonesia Berkibar adalah sebagai berikut :
Kami Putera-Puteri Indonesia, bertekad untuk memajukan :
      - Pendidikan yang menciptakan manusia Indonesia yang cerdas dan berakhlak Mulia.  
- Pendidikan yang menyejahterakan bangsa dan negara Indonesia 
- Pendidikan yang menyetarakan bangsa Indonesia di kancah Internasional



Setelah deklarasi selesai dibacakan, saatnya Bapak Menteri Muhammad Nuh meresmikan Gerakan Indonesia Berkibar.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari beberapa instansi kementrian di Jakarta serta perwakilan dari Pemerintah Daerah juga  perwakilan dari pihak swasta, BUMN, media dan komunitas.

Peresmian Gerakan Indonesia Berkibar berlangsung sukses dan lancar.

Sampai saat ini sudah 7 propinsi di Indonesia yang sudah dijangkau dan bekerjasama tentang program ini, antara lain : Propinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, papua Barat.



Selamat untuk Gerakan Indonesia Berkibar, semoga sukses dan lebih berkembang programnya bisa menjangkau ke seluruh propinsi di seluruh Indonesia.



Catt. Untuk Mengetahui lebih lanjut apa itu Gerakan Indonesia Berkibar, silahkan baca di website : http://www.indonesiaberkibar.org ,
Facebook :  http://www.facebook.com/GerakanIndonesiaBerkibar?ref=ts&fref=ts




                        Menyempatkan diri foto bersama teman-teman KEB... cheeeerrsss ..:-)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar