Kamis, 25 Oktober 2012

Rumah Baca dan Kreasi




Mendirikan dan mempunyai sebuah Rumah Baca sebelumnya belum terpikir oleh saya dari dulu..
Tapi semenjak saya tinggal di Depok, dan mempunyai anak, keinginan untuk segera mewujudkan sebuah rumah baca sudah tidak terbendung lagi. Apa pasal, saya miris melihat warga sekitar dekat tempat tinggal saya, karena kebanyakan dari mereka adalah anak dari orang kurang mampu. Meskiipun ortunya bekerja tapi sungguh saya lihat kurang peduli tentang pendidikan anak-anaknya, kalaupun sekolah mereka ya sudahlah... diserahkan begitu saja pada sekolah mereka. Kalau ada anak seumuran TK, kata mereka adalah yang penting sudah bisa baca tulis, tidak masuk TK pun tidak apa-apalah. Langsung dimasukin SD saja.. Hmmmm...
Ditambah dari segi pekerjaan orang tua mereka adalah para ibunya sebagai ibu rumah tangga, dan bapaknya kalau tidak menjadi kuli bangunan, bisa jadi tenaga serabutan, ataupun ojek.

Saya merasa tergerak untuk segera mewujudkan rumah baca yang sempat ada di benak saya beberapa tahun lalu sebelum anak saya lahir.
Selain untuk mewadahi anak-anak tersebut, saya sengaja untuk membiasakan anak untuk bisa bergabung, bergaul dengan segala lini sosial. Juga saya ingin mengajarkan pada anak untuk selalu berbagi dari hal yang paling kecil dan sederhana yang kita miliki kepada orang lain.
Disamping itu juga, saya juga berharap semoga keberkahan dan manfaat dari terlaksananya Rumah baca ini  untuk saya sendiri secara pribadi, anak, keluarga dan terutama anak-anak yang bergabung dalam rumah baca.

Rumah Baca yang saya dirikan sengaja tidak hanya bertujuan untuk seperti mendirikan sebuah perpustakaan yang anak-anak hanya boleh pinjam dan membaca buku saja, tetapi banyak hal ataupun kegiatan yang Insya Allah akan bermanfaat untuk mereka seperti, ketrampilan tangan, seni, bahasa inggris, bahasa Arab, Pelatihan Menulis, Mewarna, Mendengarkan dongeng, Melihat CD yang layak untuk anak seperti CD edutainment, Cd lagu anak-anak, Film anak-anak, dan sebagainya.

Untuk koleksi buku yang dipakai di Rumah baca kreasi ini adalah sebatas masih koleksi dari anak saya sendiri. Dan memang saya niatkan supaya anak-anak lain bisa ikut menikmati serta merasakan manfaatnya dari koleksi bacaaan yang ada.

Anggota pertama yang ikut bergabung adalah anak dan saudara-saudara dari seorang Ibu Ngkus, beliau adalah tenaga Penyapu jalan Depan rumah komplek kami. Karena memang saya lihat beliau dan saudara2 perempuannya adalah sudah menjadi janda semua, anaknya masih kecil-kecil yang masih butuh perhatian. Selanjutnya bertambah dengan anak tetangga mereka, saudara mereka, sampai akhirnya sekarnag anggota tetap adalah 8 orang.
Bagi saya jumlah itu merupakan awal yang baik, karena yang saya utamakan dahulu adlaah kekonsistenan mereka dalam mengikuti kegiatan di Rumah Baca Kreasi ini.

Ada hal lucu bagi saya sewaktu saya minta anak-anak didik Rumah Baca Kreasi untuk mengembalikan buku atau majalah yang mereka pinjam setiap minggunya. Yah.... ternyata ada hal tidak terduga.... treeeng... “mana bukunya Hilda?” , sembari saya catat di buku peminjaman dan pengembalian .  belum sempat Hilda menjawab, ada teman lain yang berkata “majalahnya yang dipinjam Hilda disobek ibunya untuk bungkus kue jualan bu...”.. Glek..... ... saya cuman menelan ludah... hehhehehehehe ada ada sajjja... yah.. gimana mau marah lah kan sudah terjadi, dan saya berpesan pada Hilda dan teman-teman lain supaya buku yang mereka pinjam untuk dijaga dan dirawat sehingga bisa dikembalikan dalam kondisi tetap bagus.

Kegiatan Rumah baca selama ini masih terbatas pada hari Rabu Sore saja. Karena masih terbatas waktu dan tenaga pembimbing. Saya berharap semoga kedepannya Rumah Baca ini bisa berlangsung lebih dari 1 x seminggu untuk kegiatannya.

Untuk lebih lengkap tentang Rumah Baca Kreasi, silahkan mengunjungi w website : http://rumcasi.multiply.com dan Facebook : rumcasi@yahoo.com (Rumah Baca Kreasi).

Rumah Baca dan Kreasi juga membuka diri bagi siapapun yang mau berpartisipasi, baik dalam penyumbangan buku, fasilitas belajar, bermain, berkreasi , berkegiatan maupun menjadi sukarelawan dalam terlaksananya kegiatan Rumah Baca Kreasi Ini.
Semoga sedikit kepedulian kita akan berguna bagi mereka untuk masa depan dan bekal kemandirian mereka dewasa nantinya...Insya Allah... 

2 komentar:

  1. keren mak, dr dulu pengen juga punya rumah baca ky gini >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rahmi Aziza : makasih.. ini sy juga baru merintis... doakaln lancar dan tetap semangat yah.. ayo bikin yuukk.. insya ALlah bermanfaat dan berkah :-)

      Hapus