Senin, 23 September 2013

Cerita dibalik Bunga TisMa

Wah.... udah lama tidak posting di blog kangen juga nih saya tulis tulis lagi... dan ingin berbagi cerita sedikit...
Ceritanya... waktu saya mudik lebaran bulan Agustus 2013 kemaren tuh... setelah dari Kota Surabaya-Batu-Magelang, saya sempat silaturahmi dan menginap di rumah Omnya suami yang berada di Jogya.
Di sana saya menginap 3 hari, selama pergi ke Jogya ke rumah Om suami saya tersebut saya terkesan dengan beberapa bunga yang dipasang apik di beberapa sudut rumah.


Saya ingat, beberapa tahun yang lalu memang saya sudah berkunjung ke Jogja, ke rumah Om Suami saya tersebut sewaktu beliau ada hajatan pernikahan salah satu anaknya. Saya sebetulnya sempat melihat bunga-bunga tersebut di rumah itu. Denger cerita dari mertua saya waktu itu.. itu bunga-bunga nya adalah hasil kreasi dari Adiknya Eyangnya Suami saya, bahannya adalah dari kertas tissu makan (saya singkat menjadi :TisMa). Wah.... aku langsung terpikir hebat banget yah.. di usianya yang sudah tidak lagi muda dan bisa disebut Manula (mmm.. maaf yah Eyang... hehhe) saya lihat sendiri hasil kreasi bunga dari kertas tissue makannya sangat cantik, rapi dan bentuknya bagus banget...



Karena saya waktu itu tidak sempat bertanya bagaimana caranya membuat bunga dari tissue makan secantik itu... akhirnya sewaktu lebaran kemarin saya berniat ingin belajar kepada Adiknya Eyang suami saya tersebut. tp ternyata saya baru teringat untuk belajar ke Eyang Dar ( panggilan suami ke adiknya Eyangnya) waktu nya yang sudah mepet mendekati untuk balik mudik ke Depok, juga beliau tidak tinggal di rumah itu.

Saya beranikan diri untuk bertanya kepada Om-nya Suami saya dan bahwa saya ingin belajar membuat bunga kertas tersebut. Saya ingat anaknya pernah bercerita bahwa ibunya juga pernah belajar membuat bunga tersebut kepada Eyang Dar. Tapi karena Istri dari Omnya suami saya yang seorang Bidan tersebut sangatlah sibuk mengurus Rumah Bersalin yang dia kelola di dekat rumah, akhirnya oleh Om-nya suami, saya diajarin sendiri sebisa dan setahu beliau.. Yapp.. akhirnya rasa penasaran saya cukup terobati sudah meskipun belum sempat belajar sendiri ke orangnya langsung.


Yang saya Kagum adalah bahwa beliau yang membuat rangkaian bunga kertas tissue makan ini adalah orangnya sudah berumur sekitar 74 tahun lebih loh... tapi hasilnya sangat bagus, rapi dan menunjukkan bahwa Eyang Dar adalah seorang pecinta kerajinan tangan sejati.

Semoga untuk waktu berikutnya saya bisa belajar langsung dan jadi terinspirasi dari ketekunan Eyang Dar tersebut.. :-)

Foto-foto yang saya pasang disini adalah sebagian karya bunga dari Eyang Dar yang diberikan untuk menghias rumah Om Suami saya...
Cantik-cantik kan....Siapa sangka kalau bunga-bunga ini adalah dari bahan kertas tissue makan :-) Sangat Inspiratif  ! :-)
 

5 komentar:

  1. mak rucamsi....bagaimana cara bikinnya yah :) emang sih baguss....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... aku juga blm pernah praktekin nih... ntar .. harus diingat2 dulu hehhehe... :-) Insya Allah kalau sudah praktek sy tulis di blog:)

      Hapus
  2. Waaaaah serius dari tissue? Gak kliatan sama sekali. Kirain tissue gak bisa di-apa2in krn mudah ancur. Keren mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener dari Tissue kebetulan yang dipakai ini adalah tissue makan. mungkin gak terlalu lembek banget jadinya.. :-)

      Hapus
  3. hai luluk.... sangat kangen aku padamu. eh soal cerita bunga dr tissue, aku jg pernah diajarin sm guruku waktu sd dulu, memang bagus, sm spt yg di foto, tp aku pake tissue biasa..

    Luk... kapan kita bisa ketemu?aku sangat kangen...

    BalasHapus